Pengguna Android Jangan Pernah Mengabaikan Ini, Atau Anda Bisa Menyesal Nanti!

Tidak diragukan lagi, keberadaan smartphone Android sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan harga yang cukup terjangkau, ponsel Android ini pun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan iOS. Karenanya, tidak mengherankan jika pengguna ponsel Android memiliki jumlah yang sangat besar saat ini.

Meski ada jutaan pengguna ponsel Android, banyak dari mereka yang belum begitu tahu seluk beluknya. Kecenderungan mereka adalah mengabaikan ini sampai akhirnya menyesalinya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang ponsel Android sebelum Anda menyesal di kemudian hari. Baca tutorial lengkapnya di android62.com.

Berikut beberapa hal yang sering dilupakan oleh para pengguna ponsel Android.

Jangan abaikan Akun Google Anda

Untuk pengguna ponsel Android, sudahkah Anda membuat Akun Google di ponsel Anda? Atau mungkin Anda membiarkannya dan hanya menggunakannya untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan?

Tentu hal ini sangat merugikan mengingat banyaknya fitur menarik dan canggih yang bisa Anda dapatkan dengan mengaktifkan Akun Google Anda. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mencadangkan data sebelumnya.

Hindari baterai Android mati sebelum mengisi daya

Banyak pengguna ponsel Android yang mengabaikan baterai ponselnya yang rendah. Bahkan, tidak jarang mereka membiarkannya mati. Jika kondisi ini terjadi berulang kali, tentunya akan merusak baterai Android. Akan lebih baik jika Anda mengisi ulang baterai pada saat kondisi baterai 20% hingga 30%.

Jangan terburu-buru memperbarui dan meningkatkan Android

Kecanggihan sistem Android tidak perlu diragukan lagi dengan segala perkembangan di setiap versinya. Padahal, saat versi baru muncul, pengguna ponsel Android akan mengupdate dan mengupgrade Android mereka secepatnya. Hal semacam ini sangat tidak disarankan mengingat masih ada bug atau perbaikan yang sangat perlu diperbaiki setelah update.

Kebiasaan swipe bisa membuat baterai cepat habis

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna ponsel Android ketika menemukan aplikasi berjalan lambat adalah menutup cukup banyak aplikasi melalui swipe. Ini tidak boleh dilakukan karena akan berdampak pada masa pakai baterai.

Teknik swipe ini pada dasarnya membutuhkan banyak energi sehingga menghabiskan banyak daya baterai Anda saat ini.

Tindakan root juga dapat merusak Android

Saat ini banyak sekali pengguna ponsel Android yang sering melakukan root pada ponselnya. Tindakan ini dilakukan agar pemilik ponsel Android bisa melakukan berbagai hal yang tidak bisa dilakukan, seperti mengganti font atau mengobrol sambil bermain game. Sayangnya tidak semua teknik root memberikan hasil yang maksimal, bahkan ada yang menyebabkan ponsel Android Anda mati.

Hindari menginstal aplikasi selain Play Store

Banyak pengguna ponsel Android yang mencoba menginstal aplikasi yang diunduh dari browser. Yang perlu diketahui, hal semacam ini sangat berisiko mengingat aplikasinya tidak resmi berasal dari Play Store. Jika tetap melakukan hal tersebut, waspadalah jika aplikasi yang Anda instal kemudian membawa virus atau malware yang dapat merusak sistem kerja Android Anda.

Jangan menginstal aplikasi untuk menghemat baterai

Konon banyak pengguna ponsel Android yang tertipu dengan kemunculan aplikasi yang satu ini. Dapat dikatakan bahwa jenis aplikasi penghemat baterai ini tidak berdampak signifikan pada ponsel Anda. Daripada memenuhi RAM yang tersedia di HP kamu, lebih baik hapus aplikasinya saja. Hal ini dikarenakan keberadaan ponsel android masa kini yang sudah memiliki fitur penghemat baterai.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengguna ponsel Android. Banyak pengguna Android yang tidak memahami hal ini hingga akhirnya banyak dari mereka yang mengeluh bahwa ponsel Android mereka tidak bertahan lama. Nah, bagi Anda yang tidak ingin terus-terusan berganti ponsel Android, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal di atas.